Buku Pertama Karya Billa : “Lana Ingin Terbang”


 

Berawal dari Kak Billa (putriku berusia 5 thn 9 bulan), yang hari ini pulang sekolah dengan membawa hasil karya dari pelajaran Art.

“Ini Bund, Kak Billa dan temen-temen belajar bikin majalah.”  Billa menunjukkan sebuah hasil karya yang mirip sebuah buku (ada cover, ada isi dan berbentuk buku).

Kupikir, hanya berhenti di situ saja perihal karya membuat majalah/buku ini.

Malam ini, Kak Billa membuat buku sendiri, mirip dengan karyanya tadi siang. Lalu ia menggambar di dalam buku tersebut. Aku awalnya tak begitu memperhatikan. Tapi kog lama-lama isi bukunya (gambarnya) adalah sebuah cerita. Paling tidak itu yang aku lihat.

Selesai Kak Billa menggambar, aku ajukan beberapa pertanyaan. “Ini apa, Kak?” “Ini kisah tentang apa, Kak?” dst …

Kak Billa dengan lancar menjelaskan isi gambar lukisannya dalam buku tersebut. Ternyata itu adalah kisah seekor ikan bernama Lana yang ingin terbang seperti teman barunya, seekor kupu-kupu bernama Laya dan seekor lebah bernama Bunga. Kuajukan beberapa pertanyaan, dan akhirnya menghasilkan sebuah kisah.

Dengan antusias, kufoto hasil gambarnya, lalu kemasukkan ke program Paint. (aku tak mengerti sebenarnya gimana caranya agar bisa menjadi picbook yang bagus, tapi minimal buku perdana karya Billa ini harus kuabadikan). Lalu lahirlah kisah atau cerita bergambar tentang Lana, si Ikan yang Ingin terbang.

Kisah atau cerita dari mulut Kak Billa sendiri, langsung kutulis tangan di kertas. Lalu kupindahkan ke gambar karyanya melalui program paint. Masih tak rapi, tapi aku senang sekali melihat Billa sudah bisa membuat gambar yang bercerita.

 

IMG_00002752

Ini adalah hasil tulisan tanganku, mengejar cerita yang meluncur dari mulut Kak Billa. Ada beberapa kata yang kutambahkan, terutama keterangan waktu, karena Kak Billa belum terbiasa dengan masalah waktu.

 

Dari hasil tulisan ini, lalu kucocokkan dengan gambar karya Kak Billa, dan akhirnya kuedit sedikit di gambarnya dengan program Paint.

IMG_00002750

Sebelah kanan wujud buku buatan kak Billa berikut gambarnya. Sebelah kiri, adalah tulisan Bunda mencatat komentar Billa atas gambarnya sendiri.

 

 

Berikut kisah “Lana Ingin Terbang”, Picbook pertama karya Kak Billa.

cover buku perdana Billa

Cover buku berjudul “Lana Ingin Terbang”

 

Halaman pertama, berkisah pertemuan antara Lana dan dua teman barunya.

Halaman 1

Halaman 1

 

   Halaman ke 2 berkisah Lana dan teman-temannya tidur di “tempat tidur” masing-masing.

Halaman 2

Halaman 2

 Halaman berikutnya, berkisah tentang keinginan Lana ingin terbang.

Halaman 3

Halaman 3

 

Halaman ke empat, mengisahkan Lana yang bersedih dan dinasehati teman barunya.

Halaman 4

Halaman 4

Selanjutnya, dikisahkan Lana berhasil terbang karena siripnya memanjang seperti sayap pesawat.

Halaman 5

Halaman 5

 

Dan akhirnya, Lana pun mendapat mendali karena berhasil terbang.

Halaman 6

Halaman terakhir

 

Gambar ini dikerjakan Billa sejak pulang dari mengaji jam 5.30an sore tadi, mulai dari membuat buku hingga selesai menggambarnya adalah jam 7an, diselingin berhenti sholat magrib dulu. Kurang dari 2 jam, Kak Billa berhasil membuat pic book perdananya, tanpa pernah dia tahu, betapa kerennya apa yang sudah dia lakukan…:)

Billa malah menyimpan kertas yang kutulis tentang kisah dari gambarnya, dan “menyingkirkan” gambar karyanya. Aku buru-buru menyimpan karyanya tersebut ke dalam diaryku. Suatu hari kelak, Billa harus melihat buku bergambar (pic book) karyanya yang original tersebut.

My dear Billa…,

Bunda bangga banget sama Kakak….:) *kiss and big hug…

***

Tambahan :
Emaknya Billa gak bisa bikin E-book, tapi tadi nyoba pindahin dari word ke pdf… Lumayan jadi satu kesatuan gitu, meskipun gak tahu gimana cara “mempercantiknya”…

ini E-bookLana Ingin Terbang

23 thoughts on “Buku Pertama Karya Billa : “Lana Ingin Terbang”

    • iya tante Neng… dia udah ngomong sendiri, dan bercakap2 dengan tokoh2 di gambarnya. uni langsung nyambar kertas dan nyatet. dapatnya segitu aja. aslinya lebih seru lagi cara dia cerita.uni gak kekejer..dia ngomongnya belepotan dan cepat banget..hihihi

    • Ih.. padahal bude hobby ngeblog..:p hihihi…

      iya Bude..doain kak Billa istiqomah ya mau ngegambar seperti itu. pelan2 mau diajakin terus nih..tapi kalau dia lagi mood, pasti cepet. kalau nggak, ya gak dipaksain..:D

  1. Kalo mempercantik lay out emang mesti pake program “kecantikan” mbak.. Kayak model photoshop gitu.. Waaw… Anak sudah besar enak ya bisa gambar bareng… Anak saya masi belum dua tahun nih, kepengen cepet bisa corat coret bareng..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s