Aku Suka Tulisan Mereka


Image Ya… aku suka membaca, meski bukan kutu buku. Sejak bisa membaca di usia 6 tahun lebih, aku selalu membaca. Terkadang, jika aku sudah membaca, aku tak begitu peduli sekitar. Tapi itu dulu, ketika masih belum menikah dan punya anak. Setelah itu, aku malah minim waktu untuk membaca lama-lama.

Image

Dan iya… kini aku jatuh cinta pada dunia menulis. Terutama cerita anak. Sudah beberapa novel anak yang kutulis dan terbitkan. Namun, semua itu tak terjadi begitu saja. Ada banyak orang yang turut mewujudkan buku-buku itu. Termasuk para penulis buku-buku anak yang aku sukai. Mereka -melalui tulisan dan buku- langsung atau tak langsung memberi banyak pengetahuan menulis cerita anak. Ketika pertama kali membuat blog ini, sudah kuniatkan untuk sesekali menulis tentang beberapa penulis cerita anak kesukaanku. Di antara belasan penulis anak kesukaanku, ada 4 (empat) penulis yang menarik perhatianku. Karena mereka termasuk yang “sedikit banyak” mempengaruhi cara menulis, pola pikir atau sekedar referensiku dalam menulis.   Image Kelak, aku ingin memposting informasi tentang mereka di blog ini, satu persatu.   Image Pada Enid Blytonlah aku pertama kali jatuh hati ke novel anak-anak. Serial Malory Towernya adalah yang terbaik yang membuatku berkhayal jadi Darrel dan bermimpi pintar menulis.

Image

Cover buku yang kupunya beda banget dari yang ini…Kubeli awal tahun 80an

Aku pun kemudian mengenal Roald Dahl. Caranya menulis yang berbeda menarik perhatianku. Meksi baru kukenal (sejak mulai menulis cerita anak) dan belum semua bukunya kubaca, aku sudah jatuh hati dengan “kenakalan” karakter tokoh yang dibuatnya. Kontras dengan Enid Blyton. Tapi aku suka. Image   Selalu suka menyaksikan karakter yang baik tapi juga bandel, atau nakal tapi cerdas, atau benar-benar bandel, muncul di novel Roald Dahl. Mudah-mudahan, aku bisa membaca lebih banyak lagi buku-bukunya.   Nah… Kalau untuk penulis cerita anak dari Indonesia, aku punya banyak juga yang kusuka. Tapi dari semuanya, ada dua orang yang mempengaruhi sekali semangat dan pengetahuanku, ketika memulai jejak langkah di dunia cerita anak.

Image

aku dan teh ary , di rumah teh ary.

Perempuan simpatik dan sering dipanggil Bunda peri di komunitas Penulis Baca Anak ini, adalah Teh Ary Nilandari. Beliau pertama kali kukenal lewat blog Multiply, berlanjut ke komunitas PBA, hingga hari ini, beliau adalah salah satu mentorku.

Semangatnya untuk menaikkan kualitas bacaan anak Indonesia termasuk yang paling aku suka.

 

Image

Impiannya mendidik anak lewat bacaan, sangat aku suka

Ketika buku pertamaku lahir, (Odie dan Rahasia Ransel Biru), bersamaan dengan buku cerita Nathan, buatan teh Ary, aku senang bukan main. Sekarang beliau tak sekedar teman atau mentor, tapi juga kolegaku di dunia menulis cerita anak. Tersanjung sekali kalau kuingat pertama kali bertemu di Bandung, dan beliau langsung ngeh dengan diriku.

Image

Fantasi dan pengetahuan dalam satu novel anak ini. sungguh menarik!

Kemudian, guruku satu lagi, yang super talented, karena juga menulis dalam banyak genre, dan selalu laku keras adalah Kang Iwok Abqary. Lagi-lagi pertama kali kenal, juga lewat blog Multiply dulunya. Berlanjut menjadi muridnya di kelas online Blogfam. Sesuatu banget deh bisa berguru dengan orang se-downtoearth beliau ini. Pertama kali bertemu, beliau juga ramah banget. Jadi di dunia nyata atau maya, sama kualitas kebaikannya.

Image

Beberapa tahun lalu ketemu Kang Iwok di salah satu workshop cerita anak. Senang banget!

Salah satu kutipan kata kang Iwok yang aku suka adalah :

Tulisan adalah salah satu bentuk komunikasi saya. Kalau anak lain bisa berbagi cerita dengan teman bermainnya, saya berbagi cerita dengan kertas dan bolpoin,

 

Image

Buku ini salah satu buku best seller karya Kang Iwok.. dan sudah difilmkan… plus.. aku dapat lho buku ini beserta tanda tangan beliau..:)

Belajar dari membaca karya mereka, cerita dan kisah dibalik tulisan-tulisan mereka, serta mengamati semangat para penulis ini menuils, membuatku termotivasi. Meski aku tahu, setiap penulis punya kualitas diri yang berbeda, punya keberuntungan dan kesempatan yang berbeda, namun satu hal yang pasti… visi dan misi mereka untuk membuat dunia cerita anak menjadi berkualitas dan banyak adalah hal yang sama. Aku berharap, suatu hari kelak, aku pun ikut dalam jejak langkah mereka. Meninggalkan banyak hal baik di dunia cerita anak, dan cerita bagi anak-anakku di masa depan.

2 thoughts on “Aku Suka Tulisan Mereka

Leave a Reply

